Tiba-tiba Toilet Training



Halo semuanyaaa udah 2022 aja nih, gimana kabar kalian? semoga selalu dalam keadaan sehat ya, terutama di gelombang ke-3 pandemi ini melanda.

Kali ini aku mau cerita pengalaman toilet training Ibrahim, setelah sekian lama dan memasuki umur Ibrahim yang ke 3,5tahun toilet training ini biidznillah tiba-tiba berhasil. Dulu pertama kali mencoba toilet training itu waktu Ibrahim umur 2 tahunan awal, tapi ternyata emang belum berhasil dan aku juga agak keteteran karena waktu itu si Adek masih bayi. Jadi yasudah, tanpa dipaksa dan berjalan gitu aja sampai umurnya yang hampir 3,5 tahun kemarin dia masih pakai popok.

Sebelum itu juga pernah beberapa kali diajakn toilet training tapi dia gak mau dan sayaaang banget sama popoknya. Salah satunya mungkin karena kalau pakai popok itu kan gak ribet ya, mau pipis ya udah gak usah ribet ke toilet dan lepas-lepas celana. Dan gak perlu basah celananya misalnya telat pergi ke toiletnya.

baca juga: Ibu Rumah Tangga Tanpa Nanny

Jadi gimana cara toilet trainingnya? simple banget loh, aku sama suami aja rasanya terkekeh-kekeh waktu tau caranya sesimple itu di anakku. Aku cuma nawarin dia celana dalam gambar spiderman yang sudah cukup lama disimpan di lemari, terus aku bilang kalau pakai celana dalam itu sama kayak Abinya. Udah deh gitu doang, meskipun sekarang Dia jarang pakai celana dalam karena lumayan meribetkan Dia kalau pas ke toilet karena harus 2 kali lepas gitu kan celana terus celana dalam, kadang keburu dia keluar pipisnya dikit karena udah gak tahan.

Tadi kan training pipisnya ya, kalau untuk pup gimana? Nah proses lepas popok pas usia dia 3,5tahun ini jadi lebih mudah karena dia sudah terbiasa pup di toilet mulai umur 2 tahunan ituu, aku lupa persisnya kapan karena kelupaan nyatet T_T tapi seingatku emang umur segitu deh dia mulai bisa pup di toilet. Nah karena kontrakan kami dulu toiletnya jongkok, jadi aku beliin dia potty chair di toko peralatan plastik, yang bentuknya kayak toilet duduk ada gambar-gambarnya biar dia tertarik juga.

Awal-awalnya belajar pup di situ sih emang gak mulus, karena kadang dia gak mau atau kadang udah keburu pup di popok. Tapi Alhamdulillah karena jadi kebiasaan, dia ya terbiasa pup di popoknya, malah jadi aneh dia kalau mau pup di popok.

Harusnya ya memang toilet training itu dimulai pelan-pelan sejak umurnya masih sekitar 2 tahunan ya, tapi karena hitungannya aku juga mau agak santai misalnya pas jalan-jalan gak perlu lari-lari nyari toilet atau pas lagi di mobil gak perlu cari botol atau singgah ke toilet. Kalau ibu-ibu di sini anaknya mulai toilet training umur berapa?

baca juga: tips rumah ramah anak

Menurut aku salah satu kunci kesuksesan toilet training itu adalah kesiapan anak dan kesiapan orangtuanya. Karena kalau salah satunya tidak siap, maka si toilet training ini gak bisa berjalan mulus. Kalau di aku karena emang dua-duanya belum siap, Ibrahim memang masih sesayang itu sama popoknya dan aku juga masih merasa takut keteteran misalnya Ibrahim lepas popok. Dan karena lepas popoknya di umur lewat 3 tahun dia sudah lebih mudah komunikasi ke kita, misalnya mau pup atau pupnya sakit jadi minta tolong temani saat di toilet. Dan jangan lupa perbanyak stok sabar ya selama menemani anak toilet training, ampun deh kalau kitanya gak sabar bisa jadi emosian satu rumah hihi.

Jadi kalau ditanya tips sukses toilet trainingnya? Ya gak ada yang khusus karena bisa dibilang aku termasuk telat dalam proses toilet training ini but its okay ya buat yang anaknya juga masih dalam prorses toilet training terus semangat dan jangan membandingkan anak dan diri kita dengan orang lain ya, yang penting orangtua dan anaknya siap, banyak sabar terus berdoa ke Allah deh agar dimudahkan jalannya.

2 Comments

  1. ikutan terkekeh juga pas tahu cara toilet trainingnya ternyata cuma pakai celana dalam spiderman wkwk lucuu sekali anaknya Mba Lidya

    BalasHapus
  2. Aku jadi berpikir gimana ya dulu aku bisa pipis dan bab sendiri, apa ibuku juga toilet training gini :D

    BalasHapus

komentar anda sangat membantu saya untuk blog ini, terimakasih :)