Aman Beli Obat dan Konsultasi Dokter Online Lewat SehatQ.com

Bertransaksi dan Konsultasi Secara Online Menjadi Kebiasaan Baru



Semenjak pandemi Covid menyerang 2020 lalu, kebiasaan-kebiasaan baru mulai muncul pada kehidupan keluarga kami. Salah satunya adalah lebih sering berbelanja kebutuhan secara online, apalagi waktu awal-awal pandemi di mana handsanitizer dan masker langka lalu terjadi lockdown mulai dari sebutannya PSBB sampai dengan PPKM berbagai level yang menyulitkan kami untuk melakukan transaksi langsung di tempat, apalagi waktu awal pandemi itu kami juga baru pindah ke provinsi lain dengan alat transportasi terbatas sehingga memang susah kalau mau belanja-belanja. 

Sampai akhirnya ya sekarang mungkin 70:30 perbandingan berbelanja secara online dan langsung di tempat. Kalau ditanya kenapa, ada beberapa alasan sih sebenarnya antara lain aku sering mager aja  untuk berangkat keluar haha, mager untuk siap-siap keluarnya apalagi kalau anak-anak ikut mesti lebih banyak lagi persiapannya kan. Selain itu kalau belanja online biasanya dapat diskon atau cashback gitu entah dari platformnya atau tokonya sendiri. 

Bahkan menurut sebuah survei jumlah konsumen belanja online di Indonesia tahun 2021 meningkat 88% dibanding tahun 2020. Yang awalnya hanya 17juta orang menjadi 32juta orang konsumen belanja online.

Nah yang namanya belanja online ini tapi ada risikonya sendiri guys, yaitu bisa kena tipu atau tingkat keamanannya bisa diragukan. Sebagai seseorang yang sudah kenalan sama dunia belanja online ini sejak 2010an zaman SMA dulu di mana kalau belanja belum ada platform marketplace yang terjamin aman seperti sekarang, aku juga jadi lumayan hafal gimana tuh penjual yang suka nipu, jualan yang tidak orisinil alias palsu dan tidak sesuai sama deskripsi dan lain sebagainya.

Yang biasa aku beli lewat online itu antara lain vitamin, skincare, kebutuhan popok dan susu anak, buku-buku, kadang ada lah beli baju, tapi kalau baju atau sejenisnya aku lebih suka beli langsung karena bisa dipegang bahannya atau dicoba. Aku suka beli online karena juga biasanya harganya lebih murah dibanding beli langsung di sini, karena aku tinggal di Kalimantan.

Selain belanja online, sejak pandemi juga aku jadi suka konsultasi dokter secara online. Karena jujur parno banget kalau antre di klinik, apalagi aku harus bawa 2 anak kecil. Bahkan awal-awal pandemi kami amat sangat jarang keluar rumah, keluar rumah cuma buat imunisasi Fayla di bidan dekat rumah. Konsultasi secara online lewat aplikasi menurutku lebih praktis, karena tidak perlu keluar rumah dan juga biayanya lebih murah. Selain itu ada banyak pilihan nama dokter yang tersedia sepanjang harinya.

Berkenalan Dengan Aplikasi SehatQ


Untuk aku sendiri sudah berkenalan dengan SehatQ sejak 2019, SehatQ adalah asisten kesehatan dalam bentuk digital yang hadir sejak 2018 untuk membantu mengelola kesehatan kita dan keluarga. Perjalanan dalam kesehatan sendiri dimulai dengan pencegahan, pengobatan ketika sakit dan perawatan jangka panjang setelah sembuh. Kebutuhan masing-masing individu pun berbeda-beda tergantung kepada riwayat keluarga, lingkungan tempat beraktivitas dan konisi inidividu tersebut.

SehatQ menyiapkan informasi kesehatan dengan referensi yang jelas dan kredibel, menyediakan platform komunitas bagi pengguna untuk bertukar infomasi dan saling mendukung dalam perjalanan kesehatannya dan menghubungan pasien dengan tenaga medis maupun penyedia layanan kesehatan.

Saat ini untuk mengakses SehatQ dapat melalui website resmi mereka yaitu sehatq.com atau mengunduh aplikasinya melalui Google Playstore untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna Apple.

Ada beragam fitur yang disediakan oleh SehatQ terdapat 15.097 direktori artikel, 1.586 ensiklopedia penyakit dan obat, 42.033 direktori dokter dan 4.542 direktori fasilitas kesehatan. Selain itu juga terdapat fitur chat dokter,  booking layanan kesehatan baik itu dokternya langsung atau pemeriksaan kesehatan, forum diskusi antar pasien, review dan juga tes kesehatan online serta yang terbaru adalah Toko SehatQ untuk membeli kebutuhan kesehatan sampai keperluan ibu dan bayi.

Bagaimana Layanan Kesehatan di SehatQ?



Layanan kesehatan di SehatQ sendiri terdapat banyak pilihan, mulai dari informasi-informasi yang bisa didapat melalui artikel kesehatan, mengetes kesehatan secara online, bertanya lewat chat kepada para dokter bahkan video call, datang langsung ke dokter atau fasilitas kesehatan melalui booking sehatQ serta tebus resep dokter tanpa perlu keluar rumah.

Artikel Kesehatan

Artikel kesehatan yang bisa dibaca di SehatQ memiliki berbagai macam topik antara lain:

  • Hidup Sehat
  • Penyakit
  • Kulit & Kelamin
  • Kesehatan Mental
  • Kehamilan
  • Parenting
  • Bayi & Menyusui
  • Sex & Relationship
  • Kesehatan Wanita
  • Kesehatan Pria
  • Olahraga
  • Masalah tidur
  • Kesehatan lansia
  • Seputar BPJS 
  • Dan ensiklopedia 
Artikel-artikel ini ditulis oleh para content writer handal dengan referensi yang jelas dan ditinjau langsung oleh dokter yang kompeten.

Tes Kesehatan

Tes kesehatan atau medical check up (mcu) adalah pemeriksaan kesehatan yang penting dilakukan secara rutin untuk memantau kesehatan tubuh Anda. Hasil tes kesehatan berguna untuk mengobati gejala penyakit yang timbul sejak dini ataupun mencegah risiko penyakit serius dalam tubuh Anda.

Ada banyak macam tes kesehatan yang bisa dilakukan di klinik atau rumah sakit namun ada 6 Tes Kesehatan yang bisa dilakukan secara online lewat SehatQ, yaitu:

  • Kalkulator BMI:
  • Survey Kelayakan Vaksin Covid-19
  • Cek efek samping vaksin
  • Cek risiko diabetes
  • Cek risiko penyakit jantung
  • Kalkulator kehamilan
Setelah selesai melakukan tes, kita diberikan saran-saran dan bisa juga jika ingin konsultasi langsung lewat chat ke dokter di sehatQ sesuai dengan hasil yang kita dapatkan dari tesnya sendiri. Misalnya kemarin aku coba kalkulator BMI, dan ternyata hasilnya kegemukan dan aku diarahkan untuk konsultasi ke dokter jika aku ingin.



Chat Dokter

Nah kalau ini tentu saja menjadi salah satu fitur unggulan dari SehatQ, fitur ini tentunya sangat membantu kita saat perlu konsultasi ke dokter tanpa harus keluar dari rumah. Atau tidak bisa konsultasi ke dokter karena jarak tempuh yang jauh ke fasilitas kesehatan di daerahnya. Nah selain untuk konsultasi pengobatan, konsultasi secara online ini pun bisa difungsikan untuk membantu mengatur pola hidup pasien sebagai bentuk pencegahan atau perawatan berkelanjutan.

Tentunya terpercaya karena SehatQ merupakan mitra terpercaya dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Dokter di SehatQ ini pun sangat lengkap, mulai dari dokter umum, dokter spesialis kulit, jiwa, kandungan, anak, penyakit dalam, gizi, psikolog bahkan sampai bedah plastik pun ada, total kurang lebih ada 25 spesialiasi dokter tersedia untuk kita.

Yang keren sekarang ini kita bisa melakukan video call dengan dokter jadi tidak cuma via chat sehingga dokter bisa lebih mengetahui keadaan kita secara real. Tarif untuk konsultasi dengan dokter di SehatQ pun terjangkau dan variatif mulai dari Rp 10.000,- hingga ratusan ribu. Pembayarannya dilakukan di awal sebelum konsultasi dimulai ya, jadi kalau belum melakukan pembayaran belum bisa memulai chat dengan dokternya. Dan kabar baiknya untuk pasien covid-19 yang sedang melakukan isoman bisa mendapatkan konsultasi secara gratis loh di SehatQ.

Yang aku suka juga dari fitur chat dokter di SehatQ ini adalah deskripsi tentang profil dokternya lumayan lengkap, mulai dari nama, jenis konsultasi yang bisa diberikan, alumni universitas mana, tempat praktik, lama pengalaman praktik serta nomor SIP. Para dokter di SehatQ pun merupakan mereka yang teregistrasi di Ikatan Dokter Indonesia (IDI) 

Setiap riwayat chat dan catatan dari dokter akan selalu tersimpan rapi secara digital pada akun kita, sehingga kita bisa melihat lagi ketika memerlukan. Dan karena SehatQ adalah penyedia layanan kesehatan yang terpercaya maka percakapan dan diagnosis kita dan keluarga sebagai pasien dijamin dan dijaga kerahasiaanya, sehingga tidak perlu khawatir dapat terbongkar ke publik.

Booking Dokter & Pemeriksaan Kesehatan

Selanjutnya ada fitur booking dokter dan pemeriksaan kesehatan. Untuk booking dokter ini ada 38 spesialisasi dokter yang bisa kita temukan di SehatQ ini, kedokteran olahraga, bedah toraks sampai akupunktur pun tersedia tentunya selengkap itu karena ada 36.626 jumlah dokter se Indonesia yang bekerjasama dengan fitur booking dokter ini.

Cara bookingnya pun mudah, pertama kita bisa memilih fasilitas kesehatan yang ingin kita datangi, lalu pilih spesialisasinya dan pilih tanggal untuk datang ke sana. Tapi kalau tidak memilih fasilitas kesehatan atau spesialisasinya pun bisa, kita akan diberikan banyak pilihan fasilitas kesehatan se-Indonesia yang bekerja sama dengan SehatQ. Setelah memilih dokternya, langkah selanjutnya cukup memilih jam praktik yang telah disediakan, lalu dilanjutkan proses booking dokter berlanjut dengan pengisian data pasien, selesai deh. Oiya ternyata untuk pasien BPJS juga bisa loh booking dokter lewat SehatQ.

Lalu bagaimana dengan layanan booking pemeriksaan kesehatan? Dengan cara booking yang mirip-mirip saja, kita bisa pilih nama fasilitas kesehatannya, lalu layanan pemeriksaan apa yang ingin kita dapatkan. Dan ada 10.000 layanan pemeriksaan yang tersedia se Indonesia, misalnya kalau untuk urusan gigi mau scaling atau tambal gigi. Atau mau tes alergi, sampai inseminasi buatan. Setelah kita pilih tujuan kita maka nanti akan keluar jenis pemeriksaanya dan harga yang mesti kita bayar.

Beli Obat & Vitamin di Toko SehatQ

Yang ini adalah fitur terbaru dari SehatQ, namanya Toko SehatQ. Di Toko SehatQ ini kita bisa membeli obat-obatan baik yang tanpa resep maupun dengan resep dokter, vitamin dan suplemen, kebutuhan ibu dan bayi seperti popok, minyak telon dan susu formula, alat kesehatan seperti masker medis, makanan dan minuman seperti madu dan susu , kesehatan gigi dan mulut, skincare, perawatan tubuh, kecantikan, treatment kecantikan, medical check up,  ibu dan anak serta vaksin dan imunitas. 

Jadi untuk belanja melalui Toko SehatQ ini caranya gampang kok seperti di marketplace kebanyakan, pertama kita pilih barang yang mau dibeli, lalu pilih penjualnya, sesuaikan alamat kita lalu bayar deh sesuai dengan harga barangnya plus ongkos kirim ke tempat kita. Mudah kan?

Tentunya fitur seperti ini sangat memudahkan untuk kita-kita yang tidak bisa keluar rumah untuk berbelanja atau tidak ada waktunya untuk pergi ke toko karena sibuk di tempat kerja. Hanya lewat layar handphone atau komputer kita seakan-akan sudah pergi ke toko obat. Selain itu kita juga bisa bertanya-tanya dengan apoteker di Toko SehatQ ini.

Apakah Aman Bertransaksi Produk di SehatQ?

Kalau ditanya apakah aman, hal ini tidak perlu kita khawatirkan karena ternyata SehatQ sudah memiliki sertifikasi PSEF atau Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi dari Kementrian Kesehatan Indonesia. Sertifikasi ini merupakan regulasi untuk penjulan obat secara online yang dikelurkan oleh pemerintah.

Dan menurut Kementerian Kesehatan, definisi PSEF adalah badan hukum yang menyediakan, mengelola dan/atau mengoperasikan sister elektronik farmasi untuk keperluan fasilitas pelayanan kefarmasian.

Ada beberapa persyaratan yang haris dipenuhi oleh penyelanggar PSEF ini antara lain memiliki surat tanda penyedia sistem elektronik (PSE) dari Kementerian Informatika (Kominfo) akses pengawasan pemerintah, dan izin dari Kementrian Kesehatan.

Sampai dengan akhir tahun lalu seperti yang tertulis di laman PSEF di Indonesia terdapat lima penyelanggara PSEF yang telah mendapatkan sertifikasi dan terdaftar di Kementerian Kesehatan, salah satunya adalah SehatQ.

Barang-barang yang dijual di Toko SehatQ pun berasal dari penjual-penjual partner SehatQ yang tentunya terpercaya. Bahkan ada juga official store yaitu pemilik brand yang juga bekerjasama dengan SehatQ untuk menjual produk atau jasa layanan mereka.

Bahkan untuk bertransaksi di SehatQ, pembayaran pun bisa menggunakan 9 metode pembayaran untuk memudahkan kita dalam bertransaksi mulai dari Transfer Bank sampai e-money bisa digunakan. Selain itu kalau kamu menggunakan Toko SehatQ untuk beberlanja namun terjadi masalah dalam pengiriman, maka pihak SehatQ akan membantu untuk mengurus masalahnya ke pihak pengiriman.



Kemudahan dan Keamanan Bertransaksi SehatQ Sangat Membantu Kebiasaan Baru Selama Pandemi

Kalau diingat-ingat kami sekeluarga meskipun tidak sering tapi pernah beberapa kali berkonsultasi secara online dengan dokter. Mulai dari kulit Ibrahim anakku yang gatal-gatal, lalu anak-anak yang demam dan ruam sampai konsultasi dengan psikolog waktu aku bingung banget menghadapi perilaku anakku. 


Rasanya, semuanya jauh lebih mudah terutama di masa pandemi ini, karena seperti yang aku bilang di awal karena tidak perlu siap-siap dan menyiapkan anak-anak untuk pergi ke luar rumah. Sesimple itu bisa sambil rebahan dan peluk anak-anak tapi sambil konsultasi dengan dokter apa tindakan yang bisa kami lakukan di rumah saja tanpa perlu semprot-semprot hand sanitizer di tanganku, tangan suamiku, tangan anak-anakku, uang kembalian atau kartu atm, dompet, setir mobil dan semuanya (pengalaman ribet keluar rumah tu begitu wkwk)

Biaya pun sudah bisa diperkirakan berapa yang harus dikeluarkan, tidak perlu tebak-tebakan dulu berapa nih biaya untuk berobat ke dokter beserta obat-obatannya? Lalu ujung-ujungnya kaget pas bayar di kasir. Karena apa? Karena kita bisa pilih dokter mana yang sesuai dengan budget kita alias ya bisa diperkirakan lah berapa budget yang dikeluarkan untuk konsultasi dokter ini. 
Pernah gak sih kalian di moment udah dokternya mahal tapi gak bisa ngobrol atau nanya-nanya alias gak puas?  Nah kalau pakai fitur chat dokter itu meskipun waktu terbatas atau sudah ditentukan tapi lebih puas saat bertanya-tanya atau menceritakan penyakitnya. 

Lalu bisa lebih mudah untuk mengobati anak-anak, terutama anak sulungku yang entah kenapa semacam trauma ke dokter. Terakhir ke dokter Desember lalu nangis sampai muntah di kasur dokternya, ampun deh haha. Selain itu risiko tertular anak lain saat antre juga lumayan besar kan? Jadi ya emang lebih enak kalau memang sakitnya masih bisa dikonsultasikan secara online ya mending secara online saja. 

Untuk booking dokter di tempat praktik pun rasanya jauh lebih mudah, kita bisa cek dokter mana yang jaraknya dekat dengan lokasi kita lalu jadwal yang sesuai dengan waktu kita. Jadinya gak perlu ribet juga cari-cari dokter yang buka sambil nyetir atau antre lama pas di dokternya karena jadwal yang tidak pasti.

Toko SehatQ ini di pikiranku adalah versi onlinenya dari apotek-apotek yang biasa ada di mall itu loh yang lengkap dari obat-obatan, vitamin sampai skincare. Gak perlu ribet pergi ke beberapa toko karena produk-produk yang dicari ada di dalam satu toko aja. Tapi belanjanya cukup dari rumah, klik.. klik… klik… sampai deh produk yang kita beli di rumah. Benar-benar cocok untuk diri-diri yang suka mager dan tidak ada waktunya untuk pergi keluar rumah untuk berbelanja, bisa juga saat perlu tapi gak bisa keluar rumah karena harus jaga anak-anak, atau pas kita sedang mudik dan bingung mau beli obat di mana bisa banget dengan beli di Toko SehatQ ini. 

Anak pun terjaga dari virus yang masih ada pada pandemi ini, belanjaan juga aman sampai rumah. Benar-benar mudah dan aman untuk membantu kebiasaan baru di masa pandemi ini. SehatQ platform dengan banyak manfaat untuk Masyarakat Indonesia.

Untuk lebih mengenal SehatQ kalian juga bisa ikuti SehatQ di sosial medianya: 


Sumber referensi:
Data: SehatQ, CNN Indonesia

Infografis: Admi Lidya Sari

“Artikel ini diikutsertakan dalam Kompetisi Menulis Blog SehatQ 2022”

3 Comments

  1. Lengkapnya pelayanan online-nya, mulai dari bisa video call-an sama dokter sampai bisa beli obat & vitamin juga. Keren 👍

    BalasHapus
  2. Wah uda lama donk ya kalau dari 2019, andaikan kenal ini sejak anak2ku masih kecil juga pasti akan sangat bantu banget ya. Aku suka juga mampir ke sehatQ tapi belum pernah sih belanja2

    BalasHapus
  3. Senengnya saya kalau pakai aplikasi SehatQ ini lengkap banget ya mbak. Kita juga tahu lokasi rumah sakit, apotek dimana yang terdekat. Dan bisa konsultasi online juga

    BalasHapus

komentar anda sangat membantu saya untuk blog ini, terimakasih :)