Asus Full HD Laptop - Laptop Terbaik Untuk Nge-blog

Tumbuh Bersama Blog 


Kalau dihitung-hitung ternyata sudah 15 tahun Saya hidup bersama dunia
blogging, dimulai sejak SMP sekitar tahun 2008 di mana saat itu Saya mulai mengenal dunia internet. Masya Allah, waktu berjalan begitu cepat ya..

Saya masih ingat dulu memulai blog dengan laptop Ayah Saya yang masih super berat dan tebal dengan sambungan kabel internet yang harus gantian dengan kakak-kakak yang mau main laptop juga, kalau gak ya pakai komputer yang pastinya gak bisa fleksibel mau dibawa kemana-mana, namanya juga belum secanggih sekarang yaa.. Mungkin kalau diri saya di masa lalu melihat laptop zaman sekarang, kayaknya bakalan tercengang tak bisa berkata-kata banget deh saking takjubnya dengan kecanggihan yang ada di zaman sekarang. Tapi tentunya Saya senang bisa tumbuh bersama kemajuan teknologi sampai bisa secanggih zaman sekarang ini, dari zaman laptop tebal dan berat sampai dengan laptop tipis nan ringan.

Selain menggunakan laptop punya Ayah di rumah, zaman dulu Saya juga berselancar di internet menggunakan komputer milik Abang, komputer di laboratorium komputer di sekolah dan tentunya komputer di warung internet alias warnet. Kalau yang suka ke warnet masih ingat gak dulu harus bayar berapa dan ada wallpaper lumba-lumba di komputer warnetnya? Hehehe, seru juga ya zaman-zaman itu. Zaman sekarang hampir semua orang sudah punya gadget di rumah, mulai dari smartphone hingga laptop untuk beraktivitas sehari-harinya.

Saya pun menulis blog dulu sekedar untuk jadi diary online saya dan biar gaul aja gitu karena belum banyak yang punya blog di masa itu, setelah itu saya mulai bertemu banyak teman dan kenalan baru saat sudah bergabung dengan komunitas-komunitas blogger baik yang di Banjarmasin atau nasional, mulai ikut-ikut lomba blog dan juga dapat pekerjaan dari blog juga. Kalau bisa dibilang awalnya iseng malah jadi menghasilkan.

Tapi untuk di zaman sekarang kebanyakan blog memang sudah berubah fungsinya bukan sebagai diary online lagi tapi sebagai sumber penghasilan, kalau pun masih jadi diary sudah bukan curhatan alay kayak zaman Saya dulu lagi, tapi sudah menjadi cerita yang terstruktur dan lebih nyaman untuk dibaca.



dokumentasi foto bersama komunitas blogger di 2014 & 2016

Mungkin banyak orang beranggapan bahwa jadi seorang blogger itu mudah atau menulis blog itu mudah, tapi kenyataannya tidak semudah itu kawan. Untuk menulis sebuah artikel di blog, seorang blogger harus memikirkan apa yang harus ditulis dulu, bagaimana garis besar artikel itu, bagaimana cara menuliskannya, menyiapkan data-data, gambar-gambar dan video pendukung untuk artikel itu sendiri.

Para blogger pun ada saatnya pasang surutnya dan saat surutnya misalnya saat terkena writer's block yaitu saat merasa buntu,bingung dan tidak ada ide mau menulis apa di blog, dari pengalamanku dan pengalaman teman-teman sesama blogger ada beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut.


Cara Mengatasi Writer's Block

1. Beristirahat (Mengistirahatkan Mata)

Terkadang kita bisa terkena writer's block ketika kita sedang kelelahan sehingga terasa buntu saat berfikir, selain itu kelelahan saat menulis blog juga disebabkan oleh mata kita yang kelelahan karena terus menerus menatap layar saat dengan berusaha menuliskan tulisan di blog atau saat sedang mencari inspirasi tulisan kita, nah cobalah beristirahat sejenak atau mungkin bisa libur dulu satu-dua hari dari blog untuk mengistirahatkan otak sambil menunggu kira-kira ide apa yang bisa datang secara tiba-tiba.

2. Melihat hal sekitar yang dekat

Seringnya kita lupa untuk memperhatikan hal-hal di sekitar yang ada di dekat kita, ketika kita fokus dengan satu atau beberapa hal. Hal-hal di sekitar kita pun tentunya bisa menjadi cerita yang bisa kita tuliskan di blog kita, misalnya bagaimana tumbuh kembang anak, proses renovasi rumah, atau resep makanan yang sering kita sajikan di rumah. 

3. Melihat hal yang sedang viral di sosial media

Saat ada hal yang sedang viral dan ramai dibahas di sosial media, sebenarnya juga bisa jadi kesempatan kita untuk menuliskan hal yang berkaitan, istilahnya numpang di keramaian. Misalnya yang terbaru ini yang sedang viral adalah Pemain Sepak Bola TimNas Indonesia yang baru saja menikah, nah kita bisa ikut meramaikannya dengan misalnya menulis bagaimana kerja keras pemain tersebut hingga bisa ada di posisi sekarang, atau menuliskan tentang biodata para pemain muda TimNas Indonesia.


4. Merubah Suasana Menulis

Merubah suasana menulis ini bisa dengan merubah posisi meja kerja, hiasan-hiasan di meja kerja, atau suasana kamar / ruangan tempat kita biasa menulis. Bisa juga dengan berpindah tempat, dari yang biasanya di ruang kerja dengan mencoba menulis dari dapur atau ruang tamu atau taman rumah. Biasanya kita bisa tiba-tiba mendapat inspirasi atau sudut pandang yang berbeda dari suasana yang berbeda juga. 

Jujur kayak sekarang ini semenjak jadi ibu-ibu mesti harus fleksibel sat set banget kalau mau nulis blog dan harus bawa gadget untuk menulis blognya kemana-mana, kadang di kamar tidur, kadang di ruang keluarga, di ruang main anak-anak bahkan kadang juga bisa di dapur.

5. Berjalan-jalan


Ada saatnya kita bosan berada di rumah atau di kantor terus dan menjadi suntuk sehingga menjadi kehabisan ide menulis blog. Nah itu saatnya kita berjalan-jalan untuk mencari inspirasi, bisa dengan berjalan-jalan di sekitar rumah atau kantor, atau dengan mampir ke cafe, rumah makan, taman, mall dan banyak tempat lain yang tentunya bisa memberikan kita inspirasi yang bisa dituliskan di blog kita. Seperti yang sekarang jadi istilah baru yaitu work from anywhere.

Itu beberapa hal yang menurut Saya bisa membantu kita sebagai blogger yang sedang terkena writer's block untuk keluar dari masalah itu atau bahkan baru ingin memulai menulis blog tapi bingung harus menulis apa.

Seperti yang Saya bilang di atas kalau untuk menulis blog seringnya memerlukan gambar-gambar dan video pendukung yang resolusinya tinggi dengan besar file yang cukup besar, perlu gadget yang tidak membuat mata kita kelelahan karena terlalu lama menatap layar, serta perlunya berpindah tempat sehingga memerlukan gadget yang ringan dan fleksibel yang dapat dibawa kemana-mana yang tentunya memadai untuk kebutuhan menulis blog, Saya tertarik untuk mengulas sebuah Laptop yang menurut Saya sangat cocok untuk kebutuhan menulis blog.


Laptop Asus Vivobook 14 is The Best Laptop To Start Your Blog

Asus adalah Brand Laptop yang merupakan Top Global Notebook Brand yang sampai saat ini sudah mendapatkan 65.565 penghargaan. Serta di Indonesia sendiri merupakan raja pasar Laptop karena dipilih oleh 40% pengguna konsumen Laptop di Indonesia berdasarkan presentasae rata-rata microsoft activation sepanjang 2021.

Lebih Cepat Saat Nge-blog

Laptop Asus Vivobook 14 ini tentunya akan memudahkan kita sebagai blogger karena ditenagai dengan prosesor Intel dengan pilihan hingga Intel Core i7 memori RAM hingga 8 GB yang bisa ditingkatkan hingga 16 GB. Tentung dilengkapi dengan 802.11ac Wi-Fi yang akan menghasilkan kecepatan yang sangat cepat saat berselancar di dunia maya khususnya nge-blog. Bayangin deh kalau laptop kita lemot sehingga tidak mendukung saat ingin nge-blog, yang ada mood menulis jadi drop deh :(

Ringkas dan Stylish Untuk Dibawa Kemana-mana

Laptop Asus Vivobook 14 ini juga ringkas untuk dibawa kemana-mana ketika memerlukan suasana baru atau ingin berjalan-jalan saat menuliskan blog dengan membawa laptop ini. 

Dengan dimensi 325mm x 216mm dan berat 1.5 kg yang sangat pas untuk dibawa kemanapun. Sehingga kita tidak perlu keberatan saat membawa tas saat ingin keluar rumah.

Saat dimasukkan ke dalam tas atau saat ingin menyimpan pun tidak akan mengambil banyak tempat karena Asus Vivobook 14 ini tipis. Kalau Saya sebagai emak-emak tentu senang banget sama laptop yang tipis, jadi gak menuhin tas yang dibawa, karena biasanya untuk keluar rumah itu isi tas Saya sudah seperti kantong doraemon, isinya macam-macam. Hayo siapa nih emak-emak yang seperti Saya juga? hihihi

Penampilan Laptop ini pun stylish, simpel dan classic dengan 2 pilihan warna yaitu transparent silver dan indie black. Saya naksir banget nih sama transparent silvernya karena kelihatannya cantik banget.



Kapasitas Penyimpanan Yang Besar

Karena saat nge-blog seringnya kita menyimpan banyak file entah itu untuk inspirasi atau pelengkap-pelengkap tulisan kita di blog, maka penting banget untuk memiliki laptop yang kapasitas penyimpanannya besar seperti Asus Vivobook 14 ini.

Asus Vivobook 14 dilengkapi dengan penyimpanan besar hingga 512GB PCle SSD dan bisa ditingkatkan lagi hingga 2TB. Serta dilengkapi dengan dual-storage yaitu PCle SSD sendiri dan SATA HDD. Yang tentunya dapat meningkatkan kinerja kecepatan data di laptop ini.

Selain itu, Asus Vivobook 14 ini juga dilengkapi dengan bluetooth yang juga memudahkan kita untuk memindahkan file dari gadget lain ke laptop kita.



Layar Yang Luas dan HD

Layar Asus Vivobook 14 dibuat lebih besar dengan two-sided NanoEdge sehingga menciptakan kesan visual yang sangat mendalam. Kita pun menjadi lebih puas saat melihat saat sedang nge-blog dan mengerjakan banyak hal lainnya di laptop misalnya untuk drakoran.

Selain layar yang luas, layar dari Asus Vivobook 14 ini juga sudah dilengkapi dengan panel anti silau. Jadi jangan khawatir kita tidak akan kesilauan saat menatap layar laptop ini.


Dan yang paling mantapnya lagi adalah teknologi terbaru dari Asus yang membuat resolusi layarnya menjadi Full HD, yang tentunya lebih baik untuk mata kita dibandingkan layar HD yang sudah ketinggalan zaman, tentunya ini menjadi pilihan terbaik untuk kita yang suka nge-blog karena memang kebutuhan kita yang sering menatap layar laptop dalam waktu yang cukup lama saat sedang nge-blog.


Spesifikasi Asus Vivobook 14

Spesifikasi Vivobook 14 (A1400)
CPU Up to Intel Core i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz, 4 Cores)
Operating System Windows 11 Home
Free Office Home & Student
Memory Up to 8GB DDR4 (Upgradable to 16GB)
Storage Up to 512GB PCle SSD
(Upgradable to 2TB)
Display 14 Inch IPS Level, FHD (1920x1080)
Graphics Intel UHD Graphics
Intel Iris Xe Graphics Supported
Input/Output USB 2.0 Type a, USB 3.2 Gen 1 Type-C
USB Gen 1 Type-A, HDMI 1.4
3.5mm Combo Audio Jack
Connectivity Wi-Fi 5 (Dual Band) + Bluetooth 4.1
Camera VGA Camera
Audio SonicMaster Audio, Built-in 4-way stereo speakers,
Built-in array microphone
Battery 50Whrs, 3S1P. 3-cell, Li-on
Dimension 32.53 x 21.60 x 1.99 cm
Weight 1.55 kg
Colors Transparent Silver, Indie Black
Price Mulai dari Rp, 5.099.000,-
Warranty 2 Tahun Gransi Global dan 1 Tahun Asus Perfect Warranty (Accidental Damage Protection)

Bisa dikatakan laptop Asus Vivobook 14 ini sangat cocok untuk kebutuhan nge-blog, dan juga cocok di semua lintas usia dan pekerjaan mulai dari Gen X sampai dengan Gen Z, dari pelajar sampai dengan pekerja profesional. Harganya pun sangat worth yaitu mulai dari Rp 5.000.000,- dengan spesifikasi yang tersedia, hal ini bisa kamu cek dari review-review yang berseliweran tentang Laptop Asus Vivobook 14 ini. 


Jadi buat kamu yang bingung mau beli Laptop terbaik apa yang bisa menemanimu nge-blog, Laptop Asus Vivobook 14 ini yang jadi jawabannya.


Sumber dan referensi:

-Materi Lomba Asus Blog Competition 2023

-Pengalaman Pribadi

-Foto dan dokumentasi pribadi

-Video David Gadgetin

1 Comments

  1. Kalo cuma sekedar utk ngeblog atau ngerjain tugas di Microsoft word dkk, udh oke banget ya Mbaaa. Kecuali beda kalo utk Nge game atau pasang software utk edit video misalnya, pasti pake specs lain.

    Makanya aku udh niat mau beliin anakku yg masih SD laptop Asus ini buat tugas2 dia. Toh masih sebatas yg ringan soalnya.

    Apalagi Asus mah udh terkenal bgttt laptopnya bagus, updatenya juga cepet dan awet 👍👍. Cocok memang utk jenis pengguna siapa aja. Krn versi laptopnya pun macem2.

    BalasHapus

komentar anda sangat membantu saya untuk blog ini, terimakasih :)