Tumbuh Bersama Perkembangan Sosial Media

Tumbuh bersama sosmed

Awal Mula Berkenalan Dengan Internet

Aku sudah berkenalan dengan internet dan sosial media sejak SMP, kalau dikira-kira sudah 15 tahunan hidup bersama internet. Masih ingat betul dulu masih menggunakan internet explorer untuk berselancar di dunia maya, sambungan internetnya pun masih dengan kabel ke laptop atau komputer di rumah. Dari zaman telkomnet instan, speedy sampai sekarang namanya indihome. Alhamdulillah bisa mendapatkan fasilitas internet di tahun-tahun itu.


Sosial Media Pertama

Pertama kali bikin email beneran itu di sekolah pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dan alamatnya adalah lovelydya@yahoo.co.id sungguh cute bukan hahaha, di sekolah juga diajarin bikin profile di yahoo dan sebagainya. Kalau yang gak beneran itu email buat bikin Friendster, iya dulu udah bikin Friendster (FS) di zaman belum ngehits karena liat kakak aku punya, jadi umurnya dipalsuin karena kalau mau sign up di FS itu harus 16+ umurnya terus emailnya ya terserah-serah aja deh biar keren. Fun fact nih untuk bisa profile FS kita tampil keren, kita harus bisa coding-coding gitu, biar tulisannya bisa gerak, bisa pakai background yang gerak-gerak, kalau diingat-ingat keren banget zaman dulu ya bisa otodidak ngerjain sesuatu dan bener-bener gak asal-asal ngerjain sesuatu. Memang bermodalkan cari sendiri di internet gitu.


Perjalanan Bersosial Media

Setelah itu rasanya aku udah mulai belajar nulis di blog (tapi di blog aku yang lama), lupa bikin karena apa tapi yang kuingat nulis di  blog karena pengen curhat-curhat gitu, kan tujuan awal blog buat jadi diary online atau catatan journey kita gitu kaan, jadi di umur remaja tanggungku itu suka banget dulu nulis-nulis di blog.

Tidak lupa juga punya Yahoo Mesengger atau disingkatnya YM, sampai akhirnya bisa punya banyak kenalan gitu, main YMnya pakai ebuddy biar bisa chatting lewat handphone, ayoo siapa nih yang ingat dengan BUZZ!!! BUZZ!!! ala YM? duuh jadi nostalgia banget nih zaman awal-awal ada sosial media hihihi.

Lalu mulai masuk zaman Facebook alias FB, nah mulai zaman ini nih FS mulai tertinggalkan, mungkin karena si FB lebih mudah dibukanya dan digunakannya dibanding FS. Laluuu Twitter mulai hadir dan warga kembali meninggalkan FB dan beralih ke twitter yang lebih ringkas dan hemat paket internet. 
Akupun lebih suka main twitteran, sampai punya puluhan ribu tweet dan banyak teman dari twitter, apalagi zaman itu hadir merk handphone BlackBerry atau disingkat BB yang membuat twitteran jauh lebih mudah karena sudah ada aplikasinya, selain itu YM dan aplikasi chat lain mulai beralih ke BBM atau Blackberry Messenger.




Nah di akhir-akhir masa SMA mulai masuk tuh produk Apple dan Android, ingat tuh dibeliin kakak aku Galaxy Tab buat sekolah, ya meskipun sebenarnya dipakai buat hal lain hahaha. Gak lama muncul tuh instagram tapi cuma bisa dipakai di iPhone, waktu itu namanya iPhone aja karena emang belum lama launchingnya, aku bikin dong Instagram tapi pinjem punya kakak buat upload-upload hahaha. Demi masukin ke instagram itu mesti salin-salin dari hp aku ke laptop, terus dari laptopnya baru ke iPhone, bener deh ribet banget T_T tapi karena aku gak punya iPhone dan emang anaknya suka banget ngikutin perkembangan sosial media dan lumayan tertarik sama dunia teknologi jadi yaa hajar aja lah.

Instagram waktu itu isinya gak kayak sekarang, benar-benar kayak album foto online gitu aja loh. Selama instagram masih gitu-gitu aja, selayaknya remaja lainnya ya aku main facebook, nulis-nulis di blog aja. Sampai pada zaman kuliah mulai rame tuh ada aplikasi namanya Path sama Foursquare, untuk Path itu lebih private dan di awal-awal cuma bisa punya teman sedikit gak banyak kayak sosial media lainnya. Kalau Foursquare itu sebenarnya cuma buat check-in gitu, jadi buat ngasih tau di mana lokasi kita dan nanti bisa dapat badge award gitu loh kalau misalnya sudah check in di banyak tempat. Seru siih, tapi kalau dipikir-pikir sekarang, serem juga ya dulu semudah itu ngasih tau di mana lokasi kita ke orang banyak. Tidak lupa ada aplikasi chat Line dan Whatsapp serta Telegram.

Ketergantungan Sosial Media dan Internet

Sejak instagram semakin nyaman dipakai, bahkan sempat keracunan TikTok, FB sudah mulai tertinggalkan dan mulai jarang nulis di blog, sekarang ini aja terakhir Mei ada nulis di sini dan sekarang udah Oktober dong 😅 aku juga lebih sering nulis di instagram, meskipun bukan tulisan panjang juga. Tapi jujur ya sebagai orang yang tumbuh dengan sosial media, aku emang gak bisa lepas 100% dari sosial media. Rasanya ada aja yang kurang kalau aku gak buka salah satu sosial media dalam sehari meskipun sebentar, semoga kedepannya gak ketergantungan lagi sama sosial media dan lebih bijak daalam bersosial media. Oiya salah satu efek baik dari bersosial media ini adalah kita bisa kenal sama orang baru yang kedepannya bisa jadi teman, klien bahkan pasangan loh. Istilah kopdar atau kopi darat pun baru muncul setelah internet berkembang, yang dulunya harus ketemu langsung dulu baru kenalan sekarang bisa kenalan diri baru ketemuan.



Belajar Dari Internet

Zaman semakin maju, semua serba cepat dan terbiasa segalanya berjalan dengan cepat. Sebagai generasi milenial akhir aku ngerasa banget kalau internet gangguan, langsung berasa manusia jadul yang gak punya hiburan 🤣 internet lambat dikit udah berasa lamaa banget, penggennya ya set-set-set gitu loh. Hikmahnya dari internet gangguan adalah jadi lebih banyak bersyukur dengan kemudahan yang selama ini sudah didapat lewat internet, jadi lebih menghargai waktu juga.

Dulu aku suka banget hal-hal yang berhubungan dengan komputer, bisa utak-atik tampilan notebook sampai edit foto-foto di photoshop belajar otodidak lewat blog orang-orang. Video-video tutorial apapun sekarang gampang banget dicari, jadi anak muda zaman sekarang selama punya akses internet gak ada alasan untuk gak bisa apa-apa, karena menurut aku mau belajar apa aja sekarang bisa gratis atau gak perlu modal selama ada niat buat belajar dan usaha. Tapi ya bukan berarti kalau belajar harus instan juga ya, belajar harus diulang-ulang dan biasanya juga gak sebentar untuk menjadi ahli.

Aku punya hobi berdagang, dan ini hobi sudah ada dari zaman SMA dulu. Dulu belum segampang sekarang kalau mau cari supplier ada shopee atau tokopedia, dulu aku nyari-nyari barang ya di kaskus atau tokobagus yang sekarang jadi OLX atau langsung beli di website-website. Beli barang zaman dulu juga gak ada jaminan kayak sekarang di marketplace, jadi ya untung-untungan. Mau jualan juga sekarang lebih mudah karena bisa promosi gratis lewat sosial media, apalagi kalau punya followers banyak, sama seperti saat berbuat baik seperti donasi sekarangpun jadi lebih mudah karena adanya sosial media ini.


Zaman Sekarang Jangan Gaptek

Teknologi pasti akan terus berkembang dan semakin canggih, menurut aku kita yang generasi milenial ke atas mesti banget melek teknologi karena mau tidak mau kita harus adaptasi sama perkembangan zaman, apalagi aku sekarang sebagai ibu harus banget gak gaptek karena pastinya nanti di zaman anak-anak aku besar teknologinya semakin canggih dan aku harus bisa membimbing anak-anak dalam belajar dan sebagainya. 
Contoh terdekatnya aja di masa pandemi ini, di mana anak-anak harus sekolah daring dan orang tuanya banyak yang kelimpungan di awal-awal masa sekolah karena tidak mengerti cara menggunakan Zoom. Banyak yang gak ngerti bukan karena gak bisa tapi karena gak mau belajar yang akhirnya nyusahin diri sendiri dan orang lain.

Jadi inti dari tulisanku yang puanjang dan kesana kemari ini adalah internet dan sosial media itu sangat membantu mempermudah kita sejauh ini apalagi jika kita bijak dalam penggunaannya, pasangan, teman dan kenalan serta klien pun bisa didapatkan dari internet terutama sosial media, selama kita punya akses internet kita bisa belajar banyak hal dari internet dan jangan sampai kita menjadi gaptek di masa sekarang ini karena jadinya kita yang susah bukan cuma kita bahkan orang lain loh. 

Harapanku semoga akses internet di Indonesia semakin merata bahkan ke daerah terpencil dan terluar agar semua warga Indonesia bisa lebih mudah belajar dan bekerja ❤️

Baca juga:



0 Comments

komentar anda sangat membantu saya untuk blog ini, terimakasih :)