QRIS Cross-border Wujud Misi Peningkatan Kerja Sama Ekonomi Negara ASEAN

QRIS, Fitur Pembayaran Masa Kini


sumber gambar: www.bi.go.id


Di era digital ini, hampir seluruh aspek di kehidupan kita sudah di-digitalisasi dan semua menjadi lebih mudah, ringkas dan cepat. Sistem pembayaran di Indonesia pun semakin mudah, sejak 2019 Bank Indonesia bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) telah menghadirkan standard QR untuk pembayaran yang memudahkan para pemilik usaha maupun konsumen yang diberi nama QRIS singkatan dari Quick Respond Code Indonesian Standard. Perlu diketahui bahwa QRIS bukanlah aplikasi, melainkan fitur kanal pembayaran yang sudah embedded di aplikasi mobile banking/payment. Per Maret 2023 QRIS sudah digunakan 32,41 juta pengguna.

QRIS sudah terintegrasi di aplikasi mobile banking / mobile payment, yang didukung oleh berbagai penyelenggara bank dan non bank, mulai dari Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA, BSI, CIMB, BPD, Gopay, Ovo, Dana, Linkaja, Shopee, dan masih banyak lagi. Cara kerjanya adalah dengan menghubungkan dengan sumber dana yang kita miliki seperti kartu debit, uang elektronik dan kartu kredit dengan limit transaksi sejumlah Rp 20.000.000,- 

QRIS sendiri saat ini menjadi andalan kebanyakan gen milenial dan gen Z yang sering cashless, bisa dibilang benar-benar fitur pembayaran masa kini yang sangat ringkas. Sebagai konsumen pengguna QRIS, Saya merasakan banyak kemudahan dengan QRIS ini, apalagi ketika sedang ingin berbelanja tapi tidak membawa cukup uang tunai dan kartu ATM. Cukup membuka aplikasi bank yang tersedia dan memilih fitur kanal pembayaran QRIS maka Saya sudah bisa membayar belanjaan dengan sangat mudah. QRIS pun sudah sering Saya temui pada banyak usaha mikro dan kecil yang disebut QRIS Statis serta usaha menengah dan besar yang disebut QRIS Dinamis. 

Manfaat QRIS Bagi Pemilik Usaha dan Konsumen


QRIS sendiri mempunyai banyak manfaat baik untuk pemilik usaha dan konsumen, pastinya bagi pengguna QRIS sudah banyak yang merasakan manfaat-manfaatnya.

Manfaat QRIS Bagi Pemilik Usaha

1. Mendorong rantai pembayaran digital dari hulu ke hilir sehingga lebih cost effective dan hemat biaya pengelolaan uang tunai
2. Membangun Credit Profile untuk kemudahan mendapatkan pinjaman
3. Cara bayar yang higienis
4. Transaksi tercatat dan langusng masuk rekening sehingga mudah dimonitor dan diawasi oleh perusahaan
5. Tidak perlu uang kembalian, bebas risiko pencurian dan uang palsu
6. Mengikuti tren sehingga meningkatkan penjualan
7. Murah dan bebas biaya bagi usaha mikro


Manfaat QRIS Bagi Konsumen:

1. Merupakan cara pembayaran yang kekinian dan praktis
2. Pengeluaran rapi tercatat
3. Aman, penyelanggaran pasti berizin dan diawasi Bank Indonesia
4. Cepat dan nyaman
5. Efesien, cukup menggunakan aplikasi pembayaran favorit
6. Media bayar non-tunai ke pemerintah, membantu pelaku UKM dan akselerasi ekonomi keuangan digital

QRIS Cross-Border


Saat ini guna mendukung misi keketuaan Indonesia dalam peningkatan kerja sama ekonomi di negara-negara ASEAN, Bank Indonesia bekerja sama dengan beberapa bank sentral di negara-negara ASEAN mempersembahkan QRIS cross-border atau QRIS antarnegara yaitu sistem pembayaran lintas nega (cross-border payment) berbasi kode QR yang dapat digunakan untuk bertransaksi lintas negara, guna mewujudkan konektivitas sistem pembayaran yang lebih cepat, murah, transparan dan inklusif di kawasan ASEAN.

Bank Indonesia bekerja sama dengan Bank Negara Malaysia (BNM), Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP), Monetary Authority of Singapore (MAS). dan Bank of Thailand (BOT) untuk penggunaan QRIS cross-border payment. Saat ini QRIS cross-border sudah bisa digunakan di Thailand dan Malaysia, dan untuk kedepannya juga dapat digunakan di Singapura dan Filipina.

Dengan QRIS cross-border, kita tidak perlu lagi melakukan konversi atau menukarkan mata uang saat sedang beberbelanja di negara yang bekerja sama dengan QRIS cross-border, sehingga cukup dengan memindai kode QR yang disediakan penjual.

Wisatawan asing dari negara ASEAN yang menggunakan bank yang bekerja sama dengan QRIS cross-border pun bisa lebih mudah melakukan transaksi pembayaran hanya dengan memindai QR code QRIS dari penjual Indonesia dengan aplikasi pembayaran dari negaranya. Dan sebaliknya pembayaran atas transaksi wisatawan Indonesia di luar negeri dapat memindai QR standard negara yang dikunjunginya menggunakan aplikasi pembayaran Indonesia.

Cara Penggunaan QRIS Cross-border

Cara penggunaan QRIS Cross-border terbilang sangat mudah, yang pasti kita harus memiliki aplikasi perbankan atau jasa keuangan yang sebelumnya sudah kita unduh terlebih dahulu.

Dan inilah langkah cara pengunaan QRIS Cross-border:
1. Membuka aplikasi pembayaran dan mengklik menu "Scan QRIS"
2. Memasukkan jumlah nominal pembayaran atau transfer, dalam mata uang negara asal, misalnya 10 baht (฿)
3. Mengkonfirmasi tujuan dan nominal dalam Rupiah (yang otomatis terkonversi, misalnya dari 10 ฿ akan otomatis menjadi Rp 4.500)
4. Masukkan PIN untuk pembayaran atau transfer dan selanjutnya akan menerima notifikasi transaksi telah berhasil dilakukan
5. Pembayaran QRIS cross-border selesai dilakukan.

Caranya kurang lebih dengan pembayaran atau transfer QRIS dalam negeri bukan? sesuai dengan prinsipnya yaitu CeMuMuAH: Cepat, Mudah Murah, Aman dan Handal. 

Sumber gambar: www.bi.go.id


QRIS Cross-border Meningkatkan Kerja Sama Negara-negara ASEAN

Dalam misi Keketuaan Indonesia pada ASEAN 2023 ini untuk meningkatkan kerja sama ekonomi negara-negara ASEAN, Indonesia sendiri mendapatkan banyak keutungan di bidang ekonomi, mulai dari peningkatan akses pasar, memberikan stimulus pertumbuhan ekonomi, transfer teknologi dan pengetahuan, memberikan kesejahteraan masyarakat, serta harmonisasi kebijakan dan standar di berbagai sektor, mendorong pengembangan sektor-sektor strategis mulai dari industri manufaktur, pariwisata, pertanian, energi terbarukan dan sektor digital  Yang tentunya kerja sama ekonomi ASEAN membawa dampak positif bagi masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

Untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut sepenuhnya, maka diperlukan komitmen dan upaya-upaya yang berkelanjutan dari pemerintah dan para pelaku usaha di Indonesia.

Kerja sama antar Bank Sentral negara-negara ASEAN yaitu Bank Sentral Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura dan Filipina dalam sistem pembayaran berbasis QR code ini merupakan wujud dari implementasi G20 Roadmap For Enchancing Cross-border Payments, serta menjadi terobosan dalam penguatan integrasi ekonomi kawasan sejalan dengan keketuaan Indonesia pada ASEAN. 

Kerja sama ini diharapkan dapat mendorong percepatan pemulihan ekonomi dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif. Implementasi kerja sama ini juga mampu mendukun dan memfasilitasi perdagangan, investasi, pendalaman pasar keuangan, remintasi, pariwisata dan aktivitas ekonomi lintas negara lainnya, serta mendorong ekosistem ekonomi dan keuangan kawasan yang lebih inklusif.

Pasar pengguna QRIS cross-border pun juga berpeluang mendongkrak ekonomi pada sektor UMKM dan pariwisata. Dengan satu fitur bisa menghasilkan banyak keuntungan bagi Indonesia. QRISnya satu, menangnya banyak!


Sumber:
-Materi QRIS Cross-border BI Digital Competition 2023
-https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/cerita-bi/Pages/QRIS-antar-negara.aspx
-https://asean2023.id/id/news/benefits-of-asean-member-states-cooperation-in-economic-sector-for-indonesian-people
-https://www.indonesia.go.id/kategori/kabar-g20/4148/indonesia-dorong-penggunaan-qr-cross-border-di-forum-g20?lang=1




0 Comments

komentar anda sangat membantu saya untuk blog ini, terimakasih :)